Peristiwa

30 Ribu Orang Hadiri Pameran Ganja Medis di Toronto

TANAMAN GANJAToronto – Sekitar 30 ribu orang menghadiri First Annual Medical Marijuana and Hemp Expo (Pameran Tahunan Ganja Medis dan Hemp) yang dibuka di Metro Toronto Convention Centre-Kanada akhir minggu ini.

Dalam pameran tersebut digelar berbagai acara, mulai dari petunjuk mendapatkan izin sah memakai atau menanam obat ganja sampai ke alat penghisap ganja.

Pemakaian ganja untuk keperluan pribadi mulai dilegalkan oleh pemerintah Kanada pada tahun 2001 untuk digunakan sebagai terapi berbagai penyakit serius. Meskipun legal, dalam prakteknya penggunaan ganja sebagai obat harus melewati prosedur yang cukup panjang.

“Anda harus mengisi setumpuk formulir. Dokter menyebutkan diagnosa, dosis per hari dan menentukan jumlah tumbuhan yang boleh ditanam pada satu waktu, “kata Jenny Coxwell penderita penyakit Crohn atau pembengkakan usus.

Pameran ini disebut-sebut sebagai “pameran pertama yang mempromosikan penggunaan ganja medis yang bertanggung jawab.” Para peserta pameran antara lain adalah para pengusaha yang menjual produk-produk ganja medis berkualitas tinggi.

Marco Renda, penyelenggara pameran mengatakan para peserta berasal dari berbagai negara termasuk AS dan negara-negara Eropa.

Pameran tidak akan menyediakan ganja, tetapi konsumen ganja medis yang sudah teregistrasi dipersilahkan membawa stok ganja mereka untuk digunakan di ruang vaporisasi, jelas Renda.

Vaporisasi adalah proses ketika uap panas dialirkan ke tabung berisi ganja. Uap panas tersebut kemudian terdorong ke ruangan terpisah dalam tabung, kemudian dapat dihirup oleh konsumen.

“Vaporisasi adalah cara menggunakan ganja dengan lebih sehat karena tidak ada sisa-sisa pembakaran,”ungkap Renda yang juga terdaftar sebagai penanam ganja. Ia juga terdaftar sebagai konsumen ganja medis untuk mengurangi gejala-gejala Hepatitis C.

“Pameran ini bukan mempromosikan pada masyarakat untuk mabuk ganja, bukan itu tujuannya. Tetapi pameran bertujuan mengedukasi masyarakat tentang manfaat medis ganja,” imbuhnya.

Peserta pameran pada umumnya mengeluhkan tentang keengganan dokter memberikan resep ganja medis karena mereka tidak percaya tentang kegunaannya.

Di Kanada, pasien yang menanam ganja tanpa menggunakan bibit pemerintah dianggap melakukan pelanggaran hukum sama seperti orang-orang yang membeli dari pedagang ganja di jalan. Karena itulah muncul “pusat bantuan” di beberapa tempat di Kanada.(Sumber: BBC/CBC. Yvonne Sibuea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *