Berita Internasional

14 Tewas Dalam Bentrok Bersenjata di Meksiko

Kartel dan Senjata di Meksiko

Xalapa, Meksiko – Empatbelas orang, termasuk dua tentara, tewas dalam tembak-menembak selama enam jam antara pasukan keamanan Meksiko dan sejumlah pria bersenjata di negara bagian Veracruz di bagian timur negara itu, Kamis (13/1) malam.

Seorang penelpon yang tak menyebut nama telah memperingkatkan tentara untuk memperhatikan sebuah rumah yang aman di pinggiran kota Xalapa, ibukota negara bagian itu.

“Saat aparat keamanan tiba di tempat itu, mereka disambut dengan tembakan senjata, tembak-menembak itu menyebabkan 12 yang diduga penyerang dan dua tentara tewas,” kata jurubicara militer Jendral Rene Carlos Aguilar.

Serangan-serangan mematikan yang dilakukan geng obat bius, telah meningkat di daerah-daerah tertentu di Meksiko khususnya di perbatasan dengan Amerika Serikat dalam beberapa tahun belakangan.

Sebanyak 34.612 orang telah tewas sejak Presiden Felipe Calderon melancarkan tindakan keras terhadap kejahatan terorganisir, melibatkan puluhan ribu tentara pada 2006, menurut jumlah resmi yang dikeluarkan pekan ini.(Ant)