Berita Daerah Berita Lembaga

14 Pasien Metadon Ditangani Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta

Yogyakarta – Layanan Pusat Terapi Rumatan Metadon di kota Yogyakarta bisa diperoleh di dua instansi kesehatan yaitu Puskesmas Gedongtengen dan Umbulharjo I.

“Metadon adalah zat yang mampu menjadi pengganti terhadap zat-zat adiktif yang terkandung dalam putaw,” ujar Kepala Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta Tri Kusumo Bawono di Yogyakarta, Rabu (22/2).Lebih lanjut Tri menjelaskan bahwa terapi metadon ini cukup efektif untuk bisa menghilangkan kecanduan pecandu narkotika jenis putaw untuk lepas dari ketergantungan.

Menurutnya, zat yang ada dalam metadon tersebut tidak akan membuat pengguna mengalami efek “fly” seperti yang ditimbulkan oleh putaw dan metadon adalah obat yang dilegalkan.

“Saat ini ada 14 pecandu yang aktif melakukan terapi metadon di Puskesmas Gedongtengen dan satu orang yang dinyatakan telah mampu menghilangkan kecanduannya terhadap narkotika maupun metadon,” katanya.

Pecandu yang mengikuti terapi metadon itu bisa lepas dari ketergantungan bila rutin menjalani terapi, karena dosis metadon secara berangsur akan diturunkan.

“Teorinya, terapi metadon ini akan mampu menghilangkan efek kecanduan pengguna putaw dalam kurun waktu sekitar dua tahun,” tutupnya. (IH)