Berita Nasional Peristiwa

14 Paket Ganja Ditemukan di Dalam Rutan Labuhan Deli Serdang

Rumah Tahanan

Medan – Sebanyak 14 bungkus amplop kecil ganja tak bertuan yang ditemukan dalam kamar sel Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara diserahkan ke kantor polisi di kota itu.

Kasubag Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Hasran Safawi di Medan, Minggu (3/6), mengatakan, barang bukti (BB) tersebut, saat ini telah diamankan di Mapolsek Labuhan Deli.

Menurut Hasran Safawi, keempat belas paket ganja tersebut ditemukan petugas Rutan Labuhan Deli, Jumat (1/6) saat melakukan razia di institusi hukum tersebut.

Ganja itu ditemukan di kamar C-14, dan kelihatan terselip dalam kamar mandi, dan tidak diketahui siapa pemilik atau tuannya. Petugas kemudian membawa ganja yang dibungkus dalam plastik hitam itu untuk diserahkan ke Mapolsek Labuhan Deli.

“Saat dilakukan razia di dalam kamar sel itu, para tahanan dan narapidana sedang berada di luar sel Rutan Labuhan Deli,” kata Safawi.

Dia menambahkan, razia di setiap sel itu, rutin dilakukan petugas Rutan, untuk mengantisipasi peredaran barang terlarang yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

“Setiap Rutan dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di wilayah hukum Sumut tetap dilaksanakan razia narkoba, dan ini adalah perintah pimpinan. Institusi hukum tersebut harus bebas dari narkoba,” ucap dia.

Safawi mengatakan, meski pun barang ganja itu, belum diketahui pemiliknya. Namun petugas Polsek Labuhan Deli terus bekerja keras menyelidikinya.

“Kasus temuan ganja tersebut, sudah ditangani Polsek Labuhan Deli.Dan terus diusut tuntas untuk menemukan pemiliknya,” ujarnya.
Ketika ditanya kenapa ganja tersebut bisa berada di Rutan Labuhan Deli, Safawi mengatakan, kemungkinan tahanan dan napi ada yang memesan barang tersebut.

“Hal inilah yang sedang diselidiki pihak berwajib,” kata Safawi.

Sebelumnya, petugas Rutan Labuhan Deli, Sabtu (28/4) juga menemukan 33 amplop ganja di pinggir Sungai Deli yang tidak berapa jauh dari lokasi Rutan Labuhan Deli.

Ganja tersebut tidak diketahui siapa pemiliknya apakah napi atau masyarakat yang sengaja menyembunyikan barang itu di pinggir Sungai Deli.(Ant/G)