Berita Nasional Hukum

120 Narapidana Kasus Narkotika Dipindahkan Ke Nusakambangan

Rumah Tahanan

Cilacap – Sebanyak 120 warga binaan atau narapidana berasal dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Lapas Narkotika Jakarta, dan Rumah Tahanan (Rutan) Salemba, dipindahkan ke sejumlah lapas di Pulau Nusakambangan, Cilacap pada Kamis (12/4).

Pemindahan ini dikawal ketat pasukan Brimob Polda Metro Jaya bersenjata laras panjang bersama dengan Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Lapas Pulau Nusakambangan serta Satuan Pengamanan Objek Vital Polres Cilacap.

Pengawalan ini dilakukan sejak pemberangkatan dari Jakarta hingga Dermaga Sodong di Pulau Nusakambangan. Pada narapidana ini dipindahkan dengan menggunakan empat bus Tranpas dan diseberangkan dengan kapal Pengayoman II secara bergantian.

Menurut Prayitno pimpinan rombongan perpindahan ini, yang dipindahkan ke Cilacap adalah narapidana kasus narkotika dengan masa hukuman satu tahun dua bulan hingga 17 tahun.

“Dua diantaranya divonis hukuman mati,” ujar petugas Lapas Cipinang ini seperti diberitakan Antara pada Kamis (12/4).

Dua orang terpidana mati yang dipindahkan ini adalah karyawan pabrik shabu di Cengkareng, Jakarta Barat milik Burhan Tahar alias Chan Bak Han.

Prayitno menerangkan bahwa berdasarkan surat perintah, 120 narapidana ini sementara akan dibawa ke Lapas Batu untuk kemudian didistribusikan ke sejumlah lapas lainnya di Pulau Nusakambangan oleh Kepala Lapas Batu. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *