Berita Nasional

12 Anggota Polda Jateng Terlibat Kasus Narkoba Selama 2012

Polri

Semarang – Selama kurun waktu Januari hingga Juni 2012, sebanyak 12 anggota polisi di jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah terlibat kasus penggunaan narkotika. Hal ini disampaikan Inspektur Jenderal Didiek Sutomo Triwidodo, Kapolda Jawa Tengah pada Minggu (23/6).

“Kedua belas oknum polisi tersebut sudah ditindak sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bentuk penegakan hukum tanpa terkecuali,” terangnya seperti diberitakan Antara.

Menurut Kapolda, penyalahgunaan narkotika seperti fenomena gunung es karena yang terekspos hanya bagian kecilnya saja sedangkan bagian bawahnya menyisakan masalah yang lebih besar.

Ia menegaskan bahwa setiap pengguna dan pengedar narkoba, termasuk anggota polisi akan ditindak sesuai prosedur hukum yang berlaku.

Sementara itu, Kombes John Turman Panjaitan Direktur Reserse Narkotika dan Obat-obatan Terlarang Polda Jateng mengatakan bahwa dibanding tahun 2011 lalu, jumlah anggota polisi yang terlibat kasus narkoba meningkat pada tahun 2012.

“Tahun lalu 10 anggota polisi ditangkap karena kasus narkoba. Sejauh ini kasusnya shabu dan ganja” imbuhnya.

Barang bukti kasus narkotika yang disita jajaran Polda Jateng selama 2012 terdiri dari 4,3 kilogram ganja, 0,41 gram putaw, 156,5 butir pil ekstasi, 266,3 gram shabu, dan 24 alat isap sabu.

Menurut John, dari semua wilayah Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang dan Solo dinilai rawan tindak pidana narkotika. (Kos/IH)