Berita Nasional Peristiwa

100 Masinis di Jakarta Ikuti Tes Narkoba Dengan Sampel Rambut

BNN

Jakarta – Dalam rangka persiapan angkutan arus mudik lebaran, 100 masinis di Stasiun Jatinegara menjalani tes narkoba untuk meyakinkan tidak adanya juru mudi kereta yang menggunakan narkoba.

Menurut Kepala Humas Daops I, Mateta Rizalulhaq, Selasa (31/7), tes narkoba ini merupakan serangkaian kegiatan kesiapan angkutan mudik di Stasiun Jatinegara dan Stasiun Tanah Abang.

Pemeriksaan narkoba biasa dilakukan setahun sekali bersamaan dengan tes kesehatan, dan pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan ulang.

“Kalau dari hasil pemeriksaan ini ternyata ditemukan ada yang mengkonsumsi narkoba, sudah pasti tidak akan didinaskan, dengan kata lain diberhentikan,” kata Mateta seperti diberitakan Viva.co.id.

Sementara itu, Kepala Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumirat Dwiyanto menyatakan bahwa tes narkoba pada masinis kali ini menggunakan metode sampel rambut. Metode ini, menurut Sumirat dinyatakan lebih akurat dibanding tes urin yang biasa dilakukan, dan hasilnya baru akan diketahui tiga hari sesudahnya.

“Kami sangat mendukung dan apresiasi atas inisiatifnya. Khususnya pada masinis. Masinis adalah orang yang membawa penumpang selamat dan aman sampai tujuan,” kata Sumirat. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *