Berita Berita Internasional

1 Juli 2012, Denmark Legalkan Ruang Aman Konsumsi NAPZA

Copenhagen – Mayoritas anggota parlemen Denmark menyetujui RUU yang melegalkan fasilitas khusus untuk mengkonsumsi NAPZA ilegal dibawah pengawasan medis pada Rabu(13/6). Fasilitas khusus tersebut dinamakan Ruang Aman Konsumsi NAPZA atau Safe Drug Consumption Rooms.

Denmark menjadi negara pertama dengan parlemen yang mensahkan UU untuk mengatur pengoperasian Ruang Aman Konsumsi NAPZA. Keputusan tersebut didukung oleh 63 anggota parlemen, ditentang 43 anggota parlemen lainnya, serta 1 orang memutuskan untuk abstain.

Ruang Aman Konsumsi NAPZA tidak hanya terbuka untuk para pengguna NAPZA suntik, tetapi juga memperbolehkan cara-cara penggunaan yang lain, seperti menghisap NAPZA yang memiliki risiko lebih kecil dibanding menyuntik. Segala jenis NAPZA diizinkan untuk digunakan, bukan hanya heroin, tetapi juga amfetamin, kokain, shabu dan berbagai campuran lainnya.

Menurut aktivis pengurangan dampak buruk NAPZA (harm reduction) Nanna Gotfredsen, Ruang Aman Konsumsi NAPZA belum pernah dilarang di Denmark. “Apa yang tidak dinyatakan ilegal dalam UU Denmark, tentunya adalah legal”, tegas Nanna yang adalah Koordinator Street Lawyers, organisasi pengacara di Denmark yang mendukung dekriminalisasi penggunaan NAPZA. Street Lawyers telah mendukung tersedianya Ruang Aman Konsumsi NAPZA selama beberapa tahun terakhir. Tetapi, UU
yang akan berlaku pada 1 Juli 2012 mendatang, telah mengakhiri perdebatan tentang legalitas Ruang Aman Konsumsi NAPZA.

Joergen Kjaer, Presiden Persatuan Pengguna NAPZA Denmark (BrugerForeningen) menyatakan kegembiraan atas keberhasilan perjuangan kelompoknya yang selama 16 tahun terakhir berusaha meyakinkan pemerintah dan masyarakat akan dampak positif melokalisir penggunaan NAPZA ilegal pada fasilitas kesehatan yang diawasi tenaga kesehatan.(drugriporter/YS)